Selasa, 09 Juni 2015

Sampaikan opini demi suksesnya pembangunan di tanah papua

SORONG- Terkait adanya undangan dari salah satu kerukunan keluarga Kota dan Kabupaten Sorong yang meminta adanya klarifikasi mengenai tulisan pada halaman opini Radar Sorong edisi  25 April yang ditulis Dr.Natalsen Basna, menurut   Robertus Nauw yang juga penulis opini Radar Sorong, bahwa  hal itu  akan memberikan kurang nyaman pada penulis. Padahal tujuan tulisan opini itu tak lain untuk pembangunan di Tanah Papua.

 Dikatakan Robert Nauw,  hal itu cukup memberikan tekanan berkurangnya kebebasan dalam menyampaikan aspirasi.  Dan  Ia memberi apreseasi kepada Radar Sorong yang menyediakan rubrik opini satu halaman yang terbit setiap hari Sabtu.  Dengan adanya ruang opini tersebut, tentunya siapa saja bisa menyampaikan gagasan atau ide-ide pikirannya, tentu dengan tetap menaati rambu-rambu yang sudah ditetapkan. 

 “Dengan menulis dan menyampaikan satu pikiran di rubrik opini itu   memiliki satu kekuatan yang besar. Hal ini dibuktikan dengan adanya permintaan klarifikasi, kemungkinan terdapat pihak yang terusik, dan seharusnya tidak perlu demikian karena dari apa yang disampaikan adalah satu opini dan satu pemikiran maju untuk pengembangan dan pembangunan Papua Barat umumnya dan khususnya wilayah Sorong Raya,” ujar  Robertus Nauw saat bertandang ke redaksi Radar Sorong kemarin (5/5).

  Dikatakan, menulis memiliki kekuatan yang besar, ibarat kehidupan tanpa matahari itu gelap.  Demikian halnya dengan sistem pemerintahan yang tidak dikontrol oleh sejumlah pihak termasuk oleh pers. Dari halaman opini yang disajikan Radar Sorong bukan hanya memberikan kritik tetapi juga saran. Dari hasil artikel terbitan opini Radar Sorong dirinya juga menerbitkan buku hasil kumpulan sejumlah kliping. 

 “ Saya menilai sangatlah bagus hadirnya halaman opini yang terbit setiap Sabtu, hal tersebut membangkitkan generasi orang pendidikan (intelektual) bisa menyampaikan aspirasi, banyak akademisi maupun sejumlah pihak yang menulis artikel bagi saya hal tersebut adalah hal penting dan harus dipertahankan,”tandasnya.
 Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun Kota Sorong melalui sejumlah cara, salah satunya melalui sejumlah pemikiran yang apik, kritik, saran maupun dukungan pada sejumlah hal yang sudah baik, dan untuk yang kurang tepat tentunya dilakukan perbaikan bersama demi kemajuan dan pembangunan Kota Sorong dan Sorong Raya pada umumnya.

“ Artikel adalah salah satu karya jurnalistik dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan, dan opini juga bukan hanya kritik melulu, ada sejumlah terobosan maupun ide-ide, jadi saya apresiasi dengan adanya kolom opini, kami juga berharap tidak perlu adanya rasa terancam maupun tersinggung dengan opini yang disampaikan semua adalah untuk membangun tanah Papua,”pungkas Robert Nauw.  (rat)

sumber: radarsorong edisi Rabu 06 Mei 2015)