Senin, 08 Juni 2015

Amanat agung sejati: itu berdoa dan bertindak demi Israel


 Mengapa kita harus berdoa dan bertindak demi Israel ?
1. Karena Yesus yang mengatakannya,
2. Karena Yesaya mengatakannya,
3. Karena Daud Sang Pemazmur mengatakannya dan
4. Karena Roh Kudus mengatakannya di masa sekarang
5. Karena Firman Tuhan yang mengatakannya
 ……………………………………………………………………………
1.            Karena Yesus yang mengatakannya,
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
 (Matius 2:2)

Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
(Matius 15:24)

“Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya,
kata-Nya: Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan, dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau." (Lukas 19: 41 – 44)

Yesus bernubuat sebelum kematianNya, “Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!'” (Matius 23:39).
“Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!” (Matius 23:37-39)

2.            Karena Yesaya mengatakannya,
Nabi Yesaya berkata: “Di atas tembok-tembokmu, hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai. Sepanjang hari dan sepanjang malam, mereka tidak akan pernah berdiam diri. Hai kamu yang harus mengingatkan TUHAN kepada Sion, janganlah kamu tinggal tenang dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi” (Yes. 62:6-7).

“Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatannya menyala seperti suluh.
Maka bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri.” (Yesaya 62:1-2)

…………………………………………..
3.            Karena Daud Sang Pemazmur mengatakannya dan
supaya nama TUHAN diceritakan di Sion, dan Dia dipuji-puji di Yerusalem,
apabila berkumpul bersama-sama bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan untuk beribadah kepada TUHAN.  (Masmur 102: 21-22)

“Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa. Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!" (Mazmur 122:6)
…………………………………………………………



4.      Karena Roh Kudus mengatakannya di masa sekarang

pada malam terakhir sebelum Yesus Kristus ditangkap dan kemudian disalibkan, Ia memberitahukan kepada murid-murid-Nya tentang kedatangan Roh Kudus sebagai suatu janji penyertaan.

(Yesus berkata:) "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."

Tujuannya: (Yesus berkata:) "Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."

(Yesus berkata:) "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku."

Sesudah Yesus bangkit dari kematian, Ia berkata lagi mengenai hal ini:
(Yesus berkata:) "Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."

Sesaat sebelum Yesus naik ke sorga, Ia mengatakan sekali lagi:
(Yesus berkata:) "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
…………………………..

5.            Karena firman tuhan yang menyampaikannya
“Sebab mereka adalah orang Israel, mereka telah diangkat menjadi anak, dan mereka telah menerima kemuliaan, dan perjanjian-perjanjian, dan hukum Taurat, dan ibadah, dan janji-janji. Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!” (Roma 9:4-5)

BAHKAN NABI SEKELAS MUSA
Kanya karena kepentingan Sion, Yerusalem & Israel, Nabi sekelas MUSA yang menerima 2 loh batu dari Allah, pun berdoa memohon pengampunan atas bangsa ini katanya:

“Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu--dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis. Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku.” (Keluaran 32:32-34)
………………………………………………………………..
BEGITUPUN RASUL SEKELAS PAULUS BERKATA
“Bahkan, aku mau terkutuk dan terpisah dari Kristus demi saudara-saudaraku, kaum sebangsaku secara jasmani. Sebab mereka adalah orang Israel, mereka telah diangkat menjadi anak, dan mereka telah menerima kemuliaan, dan perjanjian-perjanjian, dan hukum Taurat, dan ibadah, dan janji-janji.”  (Roma 9:3-4)

Rasul sekelas Paulus juga mengasihi Yerusalem dan memikirkan kota ini, dan bagi kesejahteraan penduduknya. Di dalam suratnya bagi jemaat di Roma, Paulus menulis:

“Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus. Sebab Makedonia dan Akhaya telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan sesuatu kepada orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem. Keputusan itu memang telah mereka ambil, tetapi itu adalah kewajiban mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka” (Rm. 15:25-27).

………………………………………….
JIKA KITA GEREJA TUHAN MASIH MENOLAK ISRAEL LAGI, maka IBLIS LEBIH BAIK DARI DIRI KITA KARENA, IBLIS JUGA

mengenal Identias Allah yang benar, “Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!" Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!" (Markus 5:6-8) 

alasannya sederhana, kita proklamasikan nama Tuhan ke seluruh bangsa dan babtis mereka dalam nam bapa anak dan roh kudus.....Tetap menggunaka nama Allah Abraham, Allah Isak & Allah Yakub yang adalah Allah nenek moyang bangsa Israel, kita proklamasikan sampaikan ke langit jauh, sampai ke semua penjuru........namun kita tidak mau mengakui Israel itu adalah dosa dan kita termasuk orang-orang yang anti terhadap Kristus, kita menerima Yesus melupakajn Israel bagaimana mungkin, BAYANGKAN kalau bangsa israel tidak di piluh apakah Yesus Kristus bisa hadir sebagai Tuhan dan Kristus....Jelas tidak untuk itu, jangan kita menggunakan teori perhantian doktrin dan telogia gereja untuk melupakan israel..... 
Efesus 2 : 12 masih berlaku ..........

"Bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia."






a